• (+62) 817-216-168
  • marketing@indospgusher.com
© 2016 Rockafella Management
All Rights Reserved.

Promoter Girls - International Islamic Expo 2016

 

Internasional Islamic Expo menjadi salah satu SPG event terbesar sepanjang tahun 2016. Acara ini digelar mulai dari tanggal 28-30 Oktober 2016 dan sukses meyakinkan para pengunjung untuk menggunakan produk tour dan travel Islami yang tersedia pada event kali ini. Bendera tour dan travel haji dari PT Shallamru Bahadur adalah salah satu yang paling banyak dilirik oleh para pengunjung yang datang pada saat itu.

Baitullah menjadi impian muslimin dan muslimat di seluruh Indonesia baik bagi yang yang telah siap secara finansial maupun yang belum punya cukup dana untuk melangsungkan kewajiban tersebut. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 230 juta jiwa dan mayoritas dari mereka adalah umat Islam, maka keberadaan biro tour dan travel haji di negeri ini selalu diburu pengunjung yang ingin melakukan perjalanan ke tanah suci. Ini menjadi alasan utama diadakannya  event International Islamic Expo yang merupakan event tahunan semenjak tahun 2006 silam. Setelah 11 tahun berjalan, tercatat event yang berlangsung selama 3 hari di bulan Oktober ini menjadi acara yang paling meriah dan paling menarik dibandingkan dengan acara yang sama yang telah diadakan sebelumnya. Hal ini tentunya tidak lepas dari banyaknya pengalaman yang telah dimiliki oleh pihak penyelanggara, persiapan yang matang baik secara fisik maupun moral, dan juga banyaknya pilihan tour dan travel terbaik dari seluruh dunia yang bergabung dalam event ini. Pada tahun ke-11 kali ini, Internasional Islamic Expo dihelat di Jakarta Convention Center, Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat dengan tema “The 12th Umra-Hajj & Islamic Tourism’”.

Tujuan Diadakannya Event Internasional Islamic Expo untuk Umum

Secara garis besar, event ini digelar untuk tujuan utama sebagai berikut:
1. Para pengunjung akan mendapati event ini sebagai one stop shopping moment yang akan memberikan cukup banyak waktu bagi para pengunjung untuk konsultasi mengenai Penyelenggara Umroh & Haji, Biro Perjalanan Wisata, Asosiasi Penyelenggara Umroh & Haji, Bank, Travel Agent, Maskapai Penerbangan, Asosiasi Perjalanan Wisata, Hotel, Destinasi wisata Islami dalam dan Luar negeri, Computer Reservation Systems dan juga instansi terkait lainnya contohnya perusahaan telekomunikasi dan transportasi. Selama konsultasi para
 Promoter Girls akan memberikan arahan mengenai product knowledge yang ingin Anda ketahui.

2. Event ini diharapkan akan membuat pengunjung lebih leluasa dan lebih mudah memilih biro perjalanan haji umroh terbaik dari yang paling baik yang ada di Internasional Islamic Expo. Para biro yang telah terjamin kredibilitas dan pelayanannya terhadap  masyarakat sajalah yang layak menjadi bagian dari event Internasional Islamic Expo di dunia yang digelar di JCC ini. Untuk itu, jika Anda sedang sangat ingin berangkat haji atau umroh, Anda bisa menjadi satu diantara banyak pengunjung event yang akan memberikan banyak pilihan bagi Anda untuk bermitra dengan biro terbaik, seperti PT Shallamru Bahadur yang juga berpartisipasi pada event besar ini.

3. Tanpa harus pindah lokasi, dan masih pada spot yang sama, Anda bisa memilih biro perjalanan yang sesuai dengan harapan Anda, baik itu secara fasilitas, harga, ataupun layanannya. Anda bisa komparasikan satu dari beberapa biro yang ada untuk menemukan biro yang paling berkualitas tanpa harus melakukan investigasi dan observasi satu demi satu. Sebelum melakukan perbandingan itu, tentunya Anda harus memiliki standar dan kriteria biro yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah titik tekannya pada masalah fasilitas, layanan, ataukah dari segi harganya.

4. Agen haji dan umroh yang berkesempatan untuk menjadi pengisi dari event besar ini adalah agen resmi yang telah terdaftar di Kemenag Jakarta. Ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin beribadah dengan tenang tanpa rasa was was ataupun khawatir akan adanya cheating dari agen abal-abalan yang saat ini telah marak diberitakan.

5. Internasional Islamic Expo kali ini jauh berbeda dengan event-event sebelumnya. Perbedaan yang paling menonjol adalah dari lebih banyaknya exhibitor atau pengisi event dari luar negeri seperti dari Asia Tenggara dan juga negara Timur Tengah. Tentunya, hal ini akan memberikan lebih banyak referensi bagi Anda selaku pengunjung.

6. Memberikan informasi menyeluruh mengenai produk-produk yang dipamerkan, seperti perusahaan penerbangan international, tour operator, penyedia jasa hotel,  provider visa, restauran dan catering sampai pengusaha transportasi yang ada di Arab Saudi. Dengan begitu, saat Anda sudah berada di Baitullah, Anda tidak buta medan sebab telah memiliki bekal referensi yang cukup.  

7. Penduduk Indonesia jumlahnya sangat padat, setiap tahun jumlah jamaah umroh yang berangkat ke tanah suci adalah sebesar satu juta jiwa sedangkan untuk kuota jamaah hajinya mencapai 165 ribu jemaah haji dan merupakan jumlah terbesar dari jamaah haji di dunia. Event ini akan membuat para pengunjung lebih mudah mencari dan memilih biro yang paling baik.  

8. Karena besarnya minat dan juga animo muslimin muslimat di Indonesia untuk berangkat ke tanah suci setiap tahunnya, maka pihak penyelenggara Internasional Islamic Expo membuka silaturahim secara langsung dengan pemerintah Jeddah Arab Saudi dalam bentuk buka puasa bersama. Pada momen tersebut Alia Convex selaku penyelenggara Internasional Islamic Expo mengajak sebanyak-banyak instansi dan komunitas untuk bergabung dalam exhibition kali ini. Tahun lalu, tercatat ada 36 exhibitor domestik dan 47 lainnya adalah exhibitor asing. Selain itu, ada pula promosi destinasi wisata halal di Indonesia ataupun di negara yang tergabung dalam event ini seperti di Korea, Jepang, Malaysia, Jeddah, China, Thaiwan dan lain sebagainya. Lebih serunya lagi, pada tahun ini, IIE menyediakan 120 booth yang akan menjadi stand masing-masing biro umrah haji baik dari dalam maupun luar negeri. Ini berarti akses penduduk Indonesia untuk tahu lebih banyak mengenai produk yang ditawarkan di IIE semakin terbuka lebar.

Tujuan Internasional Islamic Expo yang Ingin Dicapai oleh Penggagas Event

International Islamic Expo adalah event besar yang diprakarsai oleh Alia Convex dan Menteri Pariwisata dan Ekonomoi Kreatif Republik Indonesia. Pada kesempatan tersebut wakil dari pihak penggagas event, Dr. Anggito Abimanyu menyatakan bahwa kehadiran IIE 2016 tidak lain dan tidak bukan adalah untuk beberapa alasan dibawah ini.

1.     Internasional Islamic Expo adalah visualisasi dari dialog dan juga filosofi mengenai umrah dan Haji di era modern. Selain itu, ada pula fokus bahasan mengenai industry perhotelan dan juga wisata Islami.

2.     Umrah dan haji memberikan kontribusi pada sector perekonomian yang cukup dominan khususnya di Timur Tengah, dan Asia Tengah, apalagi semenjak IIE menambah fokus display produknya dibidang asosiasi travel dan juga perhotelan.

3.     IIE yang digelar selama 3 hari berturut-turut memberikan pengarahan intensif dalam bentuk meeting, seminar, konferensi pers, dan juga social networking. Ini adalah saatnya dimana Anda bisa mengembangkan potensi bisnis khususnya yang ingin melakukan investasi di bidang biro travel dan haji, industri hotel, wisata Islami dan juga perdagangan.

4.     Dr. Anggito Abimanyu juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak endorse dari berbagai negara yang telah berpartisipasi, seperti dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei.

Meriahnya International Islamic Expo 2016

Dari tahun ke tahun, Internasional Islamic Expo semakin dikenal dan semakin menarik minat para pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Tercatat, pada tahun 2014 silam total pengunjung yang datang adalah 25.000 orang sedangkan untuk 2015 meningkat menjadi sebanyak 27.000 pengunjung. Dan pada tahun 2016 ini, jumlah pengunjung telah mencapai kuota yang ditargetkan yaitu sebanyak 30.000 orang. Masing-masing pengunjung yang ingin berkonsultasi dengan experts dari masing-masing bidang diatas dikenakan biaya tiket masuk sebesar 25.000 rupiah saja. Para pengunjung bisa menanyakan secara detail kepada delegasi masing-masing booth mengenai apa yang sedang mereka perlukan di Islamic Internasional Expo. Booth yang berjumlah 120 unit itu, masing-masing memiliki SPG Agency yang mayoritas berasal dari SPG Jakarta maupun SPG Bandung yang menguasai bahasa Inggris aktif dan pasif. Pemilihan SPG domestic ini akan membantu mempermudah proses komunikasi exhibitor asing dengan penduduk pribumi. Event ini bisa juga dikategorikan sebagai SPG Event mengingat banyaknya perwakilan SPG dari masing-masing booth yang memberikan informasi detail mengenai produknya kepada para pengunjung.

Deskripsi Booth

Gedung JCC Senayan yang terletak di Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat telah menjadi saksi kemeriahan IIE 2016 dimana lebih kurang 30.000 pengunjung tumpah ruah hanya dalam kurun waktu 3 hari. Salah satu stand atas nama PT Shallamru Bahadur Tour dan Travel Haji memberikan layanan terbaik yang diwakili oleh pihak Promoter Girls-nya yang berjumlah 4 orang. Para Sales tersebut berasal dari Sales Jakarta dan Sales Bandung yang telah berpengalaman dalam bidang marketing selama bertahun-tahun. Para pihak pengisi booth secara sengaja memanfaatkan jasa sales dalam negeri yang memiliki kemampuan mumpuni dalam bahasa Inggris

Tiap booth yang disediakan oleh pihak panitia cukup longgar. PT Shallamru Bahadur mengisi salah satu booth dengan ukuran yang cukup luas dimana lantainya di tutup dengan bright yellow carpet dan terpampang spanduk biro travel dan umroh di setiap wajah dindingnya. Di tengah-tengah booth tersebut, ada empat kursi stainless steel yang diduduki oleh para SPG cantik dengan kostum dominan hitam. SPG Usher sengaja memilihkan warna kostum yang kontras dengan warna kulit para SPG sehingga tampilan mereka pun lebih maksimal dan menarik minat cukup banyak pengunjung hingga pada hari terakhir pameran. SPG Usher memberikan kepercayaan sepenuhnya pada para SPG untuk melakukan 3 tugas utama sebagai berikut.

1.     Melakukan flyering atau mencoba menawarkan produk kepada pihak-pihak yang datang ke IIE kali ini. Mereka tidak hanya pasif menunggu para pengunjung melainkan dengan aktif mencoba menawarkan produk yang mereka bawakan. Disini, kemampuan komunikasi dan persuasi juga menjadi satu keharusan yang harus dimiliki oleh member SPG Event. Tidak hanya itu, SPG Usher yang memberikan kepercayaan kepada mereka pun harus ekstra selektif dalam memilih SPG. Mereka yang terpilih tentunya tidak hanya cantik, tetapi memiliki kemampuan komunikasi dan persuasi yang baik. 

2.     Sambil melakukan flyering, untuk memberikan gambaran real mengenai apa yang dipromosikannya, para Promoter Girls akan memberikan brosur yang berisi informasi mengenai produk yang ditawarkan. Brosur-brosur tersebut dibuat dengan sangat eye-catching dan dengan bahasa yang ear-touching.

3.     Promoter Girls bertugas memberikan informasi mengenai product knowledge secara mendetail. Dengan cara menjawab yang yakin dan mantap, pengetahuan yang menyeluruh mengenai produk yang dijual, dan juga kelogisan cara berfikir para Promoter Girls-nya, PT Shallamru Bahadur Tour dan Travel Haji mendapat cukup banyak kunjungan pada event IIE 2016.

© 2016 Rockafella Management | Powered by PT. RAJP